Artikel - Ciri-ciri Lowongan Pekerjaan “Abal - abal”

artikel-ciri-ciri-lowongan-pekerjaan-abal-abal_dffZ.jpg

Ciri-ciri Lowongan Pekerjaan “Abal - abal”


Mendapatkan pekerjaan adalah dambaan semua orang. Namun, populasi pencari kerja tidak sebanding dengan lowongan pekerjaan yang disediakan. Kesempatan inilah yang biasa digunakan oleh orang tidak bertanggung jawab dengan membuka lowongan pekerjaan fiktif untuk mencari uang dengan menjebak para pencari kerja. Agar tidak terjebak penipuan berkedok lowongan pekerjaan, Anda perlu mengenali tanda - tandanya.

Berikut ciri - ciri mengenali lowongan pekerjaan abal - abal :
1. Menggunakan website dan alamat domain gratisan
Perusahaan ataupun lowongan kerja umumnya menggunakan situs resmi seperti .com, .co.id, .ac.id, dan seterusnya. Sedangkan lowongan abal - abal    biasanya menggunakan domain blog gratisan seperti wordpress.com, blogspot.com, dll. Alamat email loker fiktif pun biasanya mengambil domain gratisan seperti @yahoo, @gmail, @ymail, dan sejenisnya.

2. Telepon menggunakan nomor HP pribadi
Setiap perusahaan tentu mempunyai telepon kantor dengan nomor tersendiri. Jadi Anda perlu berhati - hati jika mendapat panggilan telepon berkedok    panggilan kerja menggunakan nomor HP pribadi. Karena pada umumnya, perusahaan resmi akan menggunakan telepon kantornya untuk kebutuhan    perusahaan.

3.Lokasi wawancara jauh dari alamat perusahaan
Melalui website resmi perusahaan, akan tertera jelas alamat dan nomor telepon perusahaan tersebut. Sehingga jika Anda akan diwawancara, tentu dilakukan di lokasi tersebut. Anda perlu mempertanyakan kebenaran lowongan kerja jika diminta datang ke lokasi lain yang bahkan jauh dari lokasi perusahaan untuk melakukan sesi wawancara.

4. Meminta sejumlah uang
Hal ini yang banyak digunakan oleh lowongan kerja abal - abal untuk mencari keuntungan, yakni dengan memeras atau meminta uang para pelamar kerja. Alasan yang umum digunakan biasanya untuk formulir, untuk kelacaran proses data, dan lain sebaginya. Padahal, perusahaan dengan lowongan kerja resmi justru akan menanggung semua biaya pendaftaran, formulir, sesi wawancara, dan lainnya yang tidak akan membuat Anda mengeluarkan sepeser uang apapun.

Mendapatkan pekerjaan memang hal yang menyenangkan bagi semua orang. Namun, sebelum Anda terjebak dengan hal - hal yang merugikan diri Anda sendiri, diperlukan ketelitian dan rasa kritis untuk mencari tahu semua kebenaran dari info lowongan kerja, terutama melalui media online. Percayalah pada diri Anda sendiri, terutama jika merasa ada sesuatu yang janggal dengan sistem dan prosedur yang tidak biasa, jangan sungkan untuk langsung meninggalkan lowongan kerja palsu tersebut..

By : Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk

References :
kissfmmedan.com
life.idntimes.com

Share this Post:

Related Posts: