Artikel - Penyebab Pekerjaan Tidak Sesuai Jurusan

artikel-penyebab-pekerjaan-tidak-sesuai-jurusan_Ht83.jpg

Penyebab Pekerjaan Tidak Sesuai Jurusan


Setelah lulus sekolah, semua orang pasti mengharapkan pergi ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, lalu lulus dan pergi melamar pekerjaan. Pekerjaan yang dilamar pun pasti yang sesuai dengan kemampuan dan jurusan pendidikan kita. Itulah tahap - tahap kehidupan yang sudah tertanam dalam diri semua orang sejak kecil. Tetapi, pernahkah Anda mendengar jika banyak di luar sana yang bekerja tidak sesuai dengan pendidikan terakhirnya?

Ya, memang di luar sana ada sekitar lebih dari 60% orang yang memiliki pekerjaan tidak sesuai dengan pendidikan terakhirnya. Faktor penyebabnya ada dua yakni internal dan ekternal, dari dalam diri sendiri dan lingkungan. Faktor eksternal karena ternyata jurusan yang kita pilih semasa kuliah tidak menawarkan lowongan pekerjaan yang banyak dicari di luar sana, dengan kata lain ketersedian lapangan pekerjaannya terbatas. Sedangkan faktor internalnya karena keputus -asaan dari diri sendiri yang merasa tertekan karena belum mendapat pekerjaan yang sesuai.

Sebenarnya, jika Anda memiliki semangat untuk mewujudkan impian Anda, faktor eksternal di atas tentu dapat diatasi. Sayangnya, banyak orang yang berpikiran untuk memiliki pekerjaan apa saja yang penting mendapat pemasukan atau gaji setiap bulannya. Memang tidak salah jika keterpaksaan itu terjadi. Namun, jika Anda berusaha untuk benar - benar memaksimalkan dan fokus pada tujuan dan impian Anda, tentu kelak Anda akan mengasah kemampuan lebih dalam diri Anda semasa kuliah ataupun setelahnya. Dengan keuletan dan usaha yang keras, niscaya Anda akan menjadi profesional di bidangnya dan mendapat banyak tawaran kerja oleh perusahaan - perusahaan yang ada. Sehingga faktor - faktor penyebab bekerja tidak sesuai jurusan hanya akan menjadi mitos bagi diri Anda sendiri.

By : Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk

References :
www.kompasiana.com
strategimanajemen.net


Share this Post:

Related Posts: