Artikel - Menghadapi Klien yang Menyebalkan

artikel-menghadapi-klien-yang-menyebalkan_FsLR.jpg

Menghadapi Klien yang Menyebalkan


Bagi Anda yang bekerja sebagai account manager, client relation, sales, customer service, freelance, dan berbagai pekerjaan lain yang berurusan dengan klien pasti pernah mendengar istilah “klien itu raja”. Kepuasan klien merupakan prioritas perusahaan karena itu segala keinginan klien sebisa mungkin untuk mewujudkannya. Namun, banyak klien yang terkadang menjadi menyebalkan, super ribet, dan banyak maunya. Tapi bagaimana pun kliennya, Anda tetap membutuhkannya. Dan menghadapi klien seperti itu, sabar saja tidak cukup.

Berikut adalah tip menghadapi klien yang menyebalkan untuk Anda :
1. Kenali karakter klien agar kamu tahu apa yang mereka mau
Anda perlu mengidentifikasi tipe klien “menyebalkan” yang seperti apa. Ini perlu dilakukan saat pertama kali pertemuan dengan mencari informasi sebanyak mungkin dari si klien. Dengan begitu Anda akan tahu bagaimana Anda harus memperlakukan klien Anda tersebut.

2. Yakinkan klien dengan menunjukkan hasil-hasil kerja
Melayani klien yang menyebalkan bukan hal yang mudah. Klien seperti ini biasanya banyak sekali keinginannya. Maka dari itu, Anda perlu menunjukan hasil kerja Anda yang sebelumnya dan tentunya hasil yang terbaik. Dengan demikian klien Anda akan mempercayai Anda untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut.

3. Buat koneksi yang baik agar klien merasa nyaman
Agar jalinan kerja sama antara Anda dan klien semakin membaik, maka buatlah koneksi yang nyaman. Buatlah situasi saat bertemu dengan klien menjadi menyenangkan. Dengan demikian  kritik dan saran pun akan mengalir dengan lebih terbuka dan nyaman.

4. Rajinlah untuk mencatat setiap revisi
Dalam menghadapi klien yang menyebalkan, jangan lupa untuk selalu membuat catatan yang terarsip. Mintalah juga untuk mengirimkan revisi tersebut melalui e-mail sehingga kamu memiliki bukti perubahan yang diminta sang klien. Hal ini juga bisa meminimalisir kesalahpahaman yang mungkin terjadi sewaktu-waktu.

Klien adalah salah satu kunci penting dalam sebuah perusahaan. Maka dari itu Anda harus mampu menghadapinya dan memberikan pelayanan yang terbaik. Kuncinya adalah sabar dan selalu berikan yang terbaik ke semua klien. Dan untuk klien yang ribet, Anda harus lebih pintar dalam menanganinya. Semoga cara diatas mampu membantu Anda dalam menghadapi klien yang menyebalkan.

By : Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk   

References:
https://www.hipwee.com/tips/saat-menghadapi-klien-yang-menyebalkan-inilah-jurus-jurus-yang-sebaiknya-kamu-praktikkan/

https://nasional.kompas.com/read/2008/08/18/12214773/tips.menghadapi.klien.menyebalkan

Share this Post:

Related Posts: