Artikel - Tips Menjaga Penampilan Saat Wawancara Kerja

artikel-tips-menjaga-penampilan-saat-wawancara-kerja_qfwl.jpg

Tips Menjaga Penampilan Saat Wawancara Kerja


Sebelum diterima kerja, semua orang pasti akan melewati tahap wawancara terlebih dahulu. Pada tahap inilah penampilan Anda memiliki perananan yang tak kalah penting dengan aspek penilaian lainnya. Penampilan yang rapih dan sopan akan membuat segan pewawancara sehingga peluang diterima kerja pun akan lebih besar.

Untuk itu, berikut tips menjaga penampilan saat wawancara kerja :
1. Mata
Beristirahatlah yang cukup sebelum Anda melakukan sesi wawancara. Tatapan mata yang lelah dan ngantuk menurunkan kesan pewawancara karena terlihat seperti orang yang kurang bertenaga dan terkesan malas-malasan.

2. Wajah
Pastikan sebelum bertemu dengan pewawancara, muka Anda bersih dari keringat. Jika hal itu terjadi, pergilah ke toilet terlebih dahulu dan bersihkan keringat tersebut. Untuk perempuan, gunakan riasan wajah yang natural saja agar terlihat segar dan menarik tanpa meninggalkan kesan berlebihan.

3. Pakaian
Gunakanlah pakaian formal seperti kemeja dan bawahan celana atau rok berbahan kain. Hindari penggunaan jeans ataupun pakaian dengan warna yang terlalu terang. Pakailah baju yang pas di badan agar tidak terlihat terlalu sempit ataupun longgar sehingga nyaman digunakan. Apabila Anda ingin    menggunakan parfum, gunakanlah wewangian yang sewajarnya saja agar tidak membuat orang lain merasa tidak nyaman.

4. Aksesoris
Penggunaan aksesoris memang menjadi pemanis tambahan saat    berpenampilan. Tapi hindarilah penggunaan aksesoris yang terlalu mencolok dan berlebihan. Bagi laki - laki, penggunaan jam tangan sudah cukup menjadi penunjang penampilan Anda. Bagi perempuan, jangan menggunakan gelang dan tindik ataupun anting terlalu banyak agar tidak terkesan sedang berjualan aksesoris.

5.Sepatu
Apabila perusahaan yang Anda lamar bersifat formal, sesuaikan sepatu yang akan dikenakan. Sepatu kulit dengan warna gelap dapat menjadi pilihan. Untuk para wanita dapat menggunakan sepatu high heel dengan kesan formal.

Berpenampilanlah serapih dan semenarik mungkin saat Anda menjalani sesi wawancara karena penampilan merupakan cermin dari pribadi seseorang. Jadi, jika Anda ingin terlihat profesional dan ingin diterima kerja, berenampilanlah layaknya demikian untuk meyakinkan pewawancara Anda.

By : Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk

Reference :
http://www.isigood.com/karir-wirausaha/ini-dia-5-cara-tepat-berpenampilan-saat-wawancara-kerja/

https://tipsperawatancantik.com/menjaga-penampilan-saat-wawancara-kerja-ini-caranya/

Share this Post:

Related Posts: