Artikel - Tips Mencari Pekerjaan

artikel-tips-mencari-pekerjaan-di-situs-online_yC42.jpg

Tips Mencari Pekerjaan di Situs Online


Dengan berkembangnya teknologi dan jaringan internet sekarang ini, banyak perusahaan yang memanfaatkannya untuk mencari karyawan baru. Begitu pula yang dilakukan masyarakat umum untuk mencari pekerjaan sesuai dengan kualifikasinya masing-masing. Berikut tips-tips yang dapat Anda gunakan untuk mencari pekerjaan di situs online :

1. Pastikan situs lowongan kerja yang digunakan akurat dan terpercaya
Situs lowongan kerja secara online sekarang ini banyak memasang iklan dari perusahaan yang kecil hingga perusahaan besar dan terkenal sekali pun. Namun, tidak sedikit juga situs lowongan kerja bersifat tidak resmi yang memasang lowongan pekerjaan yang sebenarnya tidak dicari oleh perusahaan yang dimaksudkan. Maka Anda perlu berhati - hati dan melakukan pengecekan dalam menggunakan website lowongan pekerjaan.

2. Daftarkan akun media sosial khusus lowongan kerja.
Banyak situs - situs lowongan pekerjaan yang memberikan kesempatan bagi    masyarakat untuk membuat akun pribadi mereka di halamannya. Manfaatkan    kesempatan ini dengan memasang foto profile Anda yang profesional dan    latar belakang merah atau putih, dan hindari foto selfie. Selain itu, tulislah    secara lengkap biodata diri, kemampuan, dan pengalaman kerja Anda di    sana. Jangan lupa untuk mencantukan nomor telepon Anda yang aktif karena    sewaktu - waktu akan ada perusahaan yang menelpon Anda

3. Format dokumen yang diunggah
Pastikan jenis file yang Anda unggah dalam bentuk PDF. Hal ini dimaksudkan    untuk mempermudah perusahaan dalam melihat CV Anda. Sebab jika Anda    memasukkan CV dalam bentuk doc, perusahaan harus mengunduhnya    terlebih dahulu dan hal ini tentu akan mempersulit dan membuang waktu    mereka.

4. Mengisi Cover Letter atau Surat Lamaran
Meskipun banyak perusahaan tidak meminta surat lamaran, ada baiknya bagi    Anda untuk mengisi kolom surat lamaran untuk memperjelas maksud Anda    melamar pekerjaan. Pada kolom tersebut, Anda juga dapat mempromosikan    diri dengan menjelaskan secara detail kemampuan apa saja yang Anda miliki,    terlebih jika Anda belum pernah memiliki pengalaman kerja profesional.

Adanya lowongan pekerjaan melalui situs online tentu mempermudah banyak orang dalam mencari pekerjaan. Terlebih Anda tidak perlu repot - repot datang ke banyak perusahaan untuk menanyakan posisi apa yang sedang dicari. Meskipun banyak situs online yang mempermudahnya, Anda tetap perlu teliti dan memanfaatkannya semaksimal mungkin agar perusahaan tertarik dengan diri Anda. Setelah semua hal di atas dilakukan, biarkan perusahaan melihat profile dan CV Anda, dan sekarang yang diperlukan hanya menunggu panggilan dari perusahaan yang telah Anda lamar.

By : Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk

References :
https://glints.id/lowongan/3-cara-mencari-kerja-dari-internet/

http://www.bintang.com/success/read/2326338/3-cara-ampuh-mendapatkan-pekerjaan-lewat-situs-online

Share this Post:

Related Posts: