Artikel - Tidak Disukai Rekan Kerja, Apa yang Harus Dilakukan

artikel-tidak-disukai-rekan-kerja-apa-yang-harus-dilakukan_uoon.jpg

Tidak Disukai Rekan Kerja, Apa yang Harus Dilakukan


Disukai banyak orang tentu membuat diri kita merasa senang, terutama saat berada di lingkungan kerja. Hubungan yang baik dengan sesama rekan kerja menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kenyamanan dan produktivitas seseorang. Lalu, apa jadinya jika ada rekan kerja yang justru tidak menyukai kita?

Berikut cara yang harus dilakukan ketika tidak disukai rekan kerja :

1. Berpikir positif
ngatlah bahwa semua orang mempunyai kekurangan dan kelebihan dalam    dirinya masing-masing. Ketika ada seseorang yang tidak menyukai Anda,    jangan menganggap orang itu jahat, mungkin saja ada beberapa kesalahan    yang Anda lakukan tanpa disadari. Cobalah untuk berpkir positif dan    mengajaknya makan bersama. Konon, makan bersama bisa mendekatkan    seseorang, sehingga Anda dapat memanfaatkan waktu tersebut untuk    mencari tahu penyebab ketidak sukaannya pada Anda.

2. Tetap profesional dalam bekerja
Jangan bersifat kekanakan seperti tidak ingin bekerja satu tim dengannya,    meski ada rumor yang menjelekkan nama Anda. Tetaplah santai dan    tunjukkan bahwa Anda masih bisa bekerja sama dengan siapa saja secara    profesional. Apabila rekan kerja Anda meminta bantuan, perlihatkan padanya    kemampuan Anda sesuai dengan kapasitas, dan jangan berlebihan.

3. Hindari balas dendam
Meski rekan kerja Anda menyebarkan fitnah tentang diri Anda, tetaplah    menjalani hari seperti biasa tanpa perlu menjelekkan nama baik rekan Anda.    Di satu sisi, pimpinan dan rekan kerja Anda yang lain dapat melihat bahwa    Anda merupakan sosok yang positif dan bukanlah pendendam ataupun    penyebar kebencian kepada orang lain, dan citra Anda pun akan menjadi baik    di lingkungan kerja.

4. Meminta saran dan evaluasi diri
Luangkan waktu Anda sejenak untuk meminta saran kepada rekan kerja yang    memusuhi Anda ataupun rekan kerja yang lain terhadap pribadi dan kinerja    Anda. Apabila rekan kerja yang memusuhi Anda mengatakan hal yang kasar    atau jelek, jangan terpancing emosi, tetapi pertimbangkan juga pendapat    rekan kerja yang lain. Kumpulkan semua informasi yang ada dan evaluasi diri    Anda apa yang harus dipertahankan dan diperbaiki ke depannya.

Dalam kehidupan, disukai ataupun tidak disukai orang lain adalah suatu kejadian yang umum terjadi pada diri setiap manusia. Begitu juga dengan perilaku rekan kerja dengan karakter yang berbeda-beda selama di kantor. Biarkan hal negatif yang terjadi selama Anda bekerja menjadi motivasi bagi diri Anda untuk selalu bersikap rendah hati dan profesional dalam bekerja.

By : Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk

References :
http://tatajiwa.com/buat-kamu-yang-gak-pernah-liburan-ini-8-alasan-kenapa-liburan-bikin-kamu-lebih-bahagia/
http://www.qerja.com/journal/view/408-5-cara-menghadapi-rekan-kerja-yang-memusuhi-anda/2/
 

Share this Post:

Related Posts: