Hari Kusta Internasional

hari-kusta-internasional_zguR.jpg

Hari Kusta Internasional


Penetapan Hari Kusta (Leprosy Day) diorganisir oleh seorang wartawan berkebangsaan Perancis bernama Raoul Fallereau. Selama 30 tahun Raoul Fallereau (RF) mengabdikan dirinya untuk memperjuangkan nasib penderita kusta dan untuk menghilangkan stigma sosial di masyarakat. Di negara-negara Asia, untuk mengenang jasa-jasa Mahatma Gandhi yang sangat menaruh perhatian dan besar jasanya kepada penderita kusta, Hari Kusta Sedunia ditetapkan pada Minggu terakhir Januari untuk memperingati terbunuhnya Mahatma Gandhi

Kusta adalah penyakit yang disebabkan oleh Mycobacterium leprae yang menyerang kulit, saraf tepi, jaringan dan organ tubuh lain (kecuali otak) dan menimbulkan kecacatan. Meskipun tergolong ke dalam penyakit menular, kusta merupakan penyakit yang tidak mudah menular, karena diperlukan kontak erat secara terus menerus dan dalam waktu yang lama dengan penderita. Penyakit kusta sebenarnya dapat disembuhkan tanpa cacat bila penderita ditemukan dan diobati secara dini.

Kecacatan yang nampak pada tubuh penderita kusta seringkali tampak menyeramkan bagi sebagian besar masyarakat sehingga menyebabkan perasaan jijik, bahkan ada yang ketakutan secara berlebihan terhadap kusta atau dinamakan Leprophobia. Ketakutan masyarakat terhadap penyakit kusta menyebabkan terganggunya psikologis para pengidapnya. Rasa takut, khawatir, bahkan mengurung diri dari sosialnya karena stigma yang melekat pada diri mereka.

Sebagai sesama manusia, sudah menjadi kewajiban kita untuk saling membantu sesama yang memerlukan. Semoga dengan semakin meluasnya penyuluhan tentang penyakit kusta membantu para penderitanya dengan merubah stigma negatif yang ada di masyarakat. Sudah cukup penderitaan mereka dengan penyakit yang dideritanya, janganlah kita menambah kesusahan mereka dengan menjauhinya. Penyakit kusta memang perlu dijauhi, tetapi bukan berarti kita harus menjauhi penderitanya. Marilah kita membantu sesama kita yang membutuhkan dengan merangkul dan memotivasi mereka untuk berjuang lebih demi kesehatannya.

By : Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk


References :
https://lingkarsosial.wordpress.com/2017/01/11/sejarah-penetapan-hari-kusta-sedunia-leprosy-day/

http://www.netralnews.com/news/singkapsejarah/read/51518/.ini.sejarah.hari.kusta.internasional.

Share this Post:

Related Posts: