Menciptakan Budaya Kantor yang Menyenangkan

menciptakan-budaya-kantor-yang-menyenangkan_34rl.jpg

Menciptakan Budaya Kantor yang Menyenangkan

Memiliki tempat kerja yang nyaman dan menyenangkan adalah impian semua orang. Namun nyatanya, tidak semua orang memperoleh kenyamanan yang mereka harapkan. Padahal, semakin nyaman seseorang berada di lingkungan kerja, semakin tinggi pula produktivitasnya.

Berikut cara - cara yang dapat dilkakukan untuk menciptakan budaya kantor yang menyenangkan :

1. Memberi waktu istirahat
Sudah menjadi rahasia umum jika banyak perusahaan yang menciptakan budaya kantor dengan memaksa karyawannya untuk bekerja selama 10 hingga 12 jam sehari tanpa istirahat. Hal ini hanya akan membuat produktivitas karyawan menurun karena tuntutan yang tidak sesuai dengan kapasitas yang dimiliki. Dengan adanya waktu istirahat, para karyawan dapat memperoleh energinya kembali untuk mengoptimalkan kinerja mereka selama beberapa jam ke depan.

2. Membangun tempat kerja yang menyenangkan
Umumnya perusahaan membuat design ruangan kerja dengan kaku dan cenderung membosankan. Ada kalanya jika Anda mulai menciptakan suasana baru yang menyenangkan dengan menyediakan ruangan kerja yang lebih kreatif dan santai. Ruangan dengan suasana baru dan menyenangkan dapat membantu para karyawan untuk mendapat ide - ide lebih fresh dan enjoy dalam melaksanakan tugasnya.

3. Memberikan penghargaan
Mengingat banyaknya tugas dan jam kerja yang padat pasti akan melelahkan para karyawan. Memberikan sedikit penghargaan atas kinerja mereka adalah suatu wujud apresiasi yang bisa Anda berikan. Penghargaan yang mereka dapat, akan mereka gunakan sebagai motivasi dirinya dan karyawan    lain dalam bekerja. Bahkan mereka bisa berlomba - lomba memberikan performa dan hasil terbaik demi mendapat apresiasi yang membanggakan.

4. Fokus pada produktivitas, bukan jadwal
Sistem pekerjaan yang hanya terfokus pada jadwal dapat memicu stress bagi para karyawan. Sesekali Anda dapat mencoba memberikan kebebasan bagi mereka dengan mengerjakan tugasnya di luar lingkungan kantor. Hal ini patut dicoba karena pikiran yang fresh akan lebih memaksimalkan hasil pekerjaan. Tapi tetaplah pastikan mereka untuk mengumpulkan tugas sesuai deadline.

Budaya kantor yang menyenangkan sangat mempengaruhi produktivitas karyawannya. Cobalah membuat suatu kebiasaan yang disenangi karyawan demi kemajuan perusahaan Anda ke depannya!

By : Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk

References :
https://www.hipwee.com/list/membangun-budaya-kerja-yang-menyenangkan/

https://www.dream.co.id/dinar/ini-5-strategi-membangun-budaya-kerja-yang-menyenangkan-1506105.html

Share this Post:

Related Posts: